Pemprovsu bersama Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Zoonosis untuk Pengendalian Penyakit Hewan Menular

Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut bersama dengan Pemkab Samosir melakukan sosialisasi zoonosis, dalam rangka pengendalian penyakit hewan menular, khususnya rabies.

topmetro.news – Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut bersama dengan Pemkab Samosir melakukan sosialisasi zoonosis, dalam rangka pengendalian penyakit hewan menular, khususnya rabies.

Sosialisasi berlangsung di Aula Kantor Bupati Samosir, Selasa (10/10/2023).

Kepala UPTD Kesehatan Masyarakat Veteriner Disbunak Provsu drh Harry Setiawan selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Zoonosis TA 2023 dilaksanakan di Samosir, karena kabupaten itu merupakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang perlu dibantu dalam pengendalian populasi hewan penular rabies (HPR) yang tersebar di 134 desa di sana.

Zoonosis atau penyakit zoonotik adalah penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya. Ia jelaskan juga, bahwa penyakit zoonosis khususnya rabies, masih ada sampai saat ini di seluruh daerah di Indonesia dan menjadi permasalahan akhir-akhir ini.

Untuk itu, sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta untuk turut andil dalam pengendalian zoonosis. Peserta juga dapat menyebarluaskan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang bahayanya penyakit zoonosis, seperti rabies.

Pengendalian Serius

Bupati Samosir melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang ST MM dalam sambutannya menyambut baik sosialisasi zoonosis tersebut. Apalagi mengingat Kabupaten Samosir merupakan destinasi pariwisata yang sedang jadi perhatian pemerintah. Sehingga perlu adanya pengendalian secara serius dalam pencegahan, penularan penyakit zoonosis secara koordinatif di lintas sektoral.

Ia berharap, sebagai daerah pariwisata, adalah tugas bersama untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan ataupun pengunjung. Salah satunya dengan pengendalian penyakit zoonosis, khususnya rabies di Kabupaten Samosir.

Hotraja berharap semua peserta yang mengikuti sosialisasi menjadi pelopor informan kepada seluruh masyarakat Samosir. “Sehingga penanganan dan pengendalian zoonosis ini dapat terlaksana dengan baik di Kabupaten Samosir,” tutupnya.

Hadir sebagai narasumber, Sekdis Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumut Zubir Harahap SSos MAP, Kepala Balai Veteriner Medan drh Azfirman MP, Kadis Kesehatan (Rabies Center) Kenra Naibaho, Kepala UPTD Kesehatan Masyarakat Veteriner drh Harry Setiawan, Kadis Ketapang Pertanian Sasmosir Tumiur Gultom.

Sedangkan peserta terdiri dari petugas Dinas Ketapang dan Pertanian Samosir, petugas puskesmas di Samosir. Serta aparat desa/kelurahan se-Kabupaten Samosir.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment